√Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing ~ CPBI
Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Cepat Paham Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.
Uraian Lengkap Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing
Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing
Halo sobat IBI…
Penelitian adalah sebuah cara seseorang mengobservasi atau mengamati sesuatu dan dilaporkan dengan laporan penelitian.
Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas tentang perbedaan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian pengajaran bahasa asing. Langsug saja kita simak penjelasannya briikut ini.
Didalam buku Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing (Ag. Bambang Setiyadi) terdapat beberapa perbedaan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian pengajaran bahasa asing, antara lain adalah:
-
a. Cara pengumpulan data
Kualitatif : Data dikumpulkan secara alamiah baik menggunakan teknik observasi, wawancara, atau cara-cara lain. Penelitian menghindari cara-cara pengkondisian situasi uuntuk mengharapkan suatu data.
Kuantitatif : Peneliitian ini peneliti mengkondisikan situasi dengan cara memberikan alat pengumpul data seperti tes atau kuesioner yang sudah disiapkan untuk mengukur aspek-aspek kebahasaan yang diharapkan oleh peneliti.
-
b. Analisa data
Kualitatif : Menggunakan logikalogikka berpikir kritisdaan kreatif yang sifatnya pribadi sehingga hasil analisanya merupakan kesimpulan subyektif dari peneliti.
Kuantitatif : Menggunakan alat analisa yang standar anatara peneliti yang satu dengan yang lainnya sehingga untuk menganalisa data yang sama peneliti yang berbeda cendrung menggunakan alat analisa daata atau tes yang sama. Dalam penelitian kuantitatif sudah tesedia alat atau tes yang standar untuk menganalisaa data, seperti: T-test, ANOVA, Chi-Square, dll.
-
c. Tujuan Penelitian
Kualitatif : Bertujuaan untuk menemukan suatuu keteraturan yang terjadi di dalam ssuubjek penelitiannya. keteraturan tersebut disimpulkan dari kkesimpuulan lain yang diamati ditarik kesimpulan untuk dijadikan teori.
Kuantitatif : Bertujuan untuk menguji suatu teori yang sudah ada dan dalam penelitiannya seorang peneliti mencari data untuk mendukung atau menolak teori tersebut.
-
d. Orientasi Penelitian
Kualitatif : Menekankan pada proses yang terjadi dari subjek penelitiannya.
Kuantitatif : Menekankan pada hasil belajar.
-
e. Sifat Temuan
Kualitatif : berlaku untuk kasus yang diteliti.
Kuantitatif :dapat digeneralisasikan pada populasi sampel dan populasi asal subjek.
-
f. Sudut pandang masalah :
Kualitatif : peneliti memaknai data atau melihat suatu permasalahan dari kacamata subjek penelitian dengan menggunakan bahasa dan logika sobjek penelitiannya.
Kuantitatif :mendeskripsikan subjek penelitiannya dengan menggunakan bahasa dan pola pikir peneliti.
-
g. Replikasi
Kualitatif :hasil penelitianya hanya berlaku untuk subjek penelitiannya dengan waktu dan kondisi saat itu.
Kuantitatif : waktu tidak menghalangi peneliti untuk meelaksanakan ulang penelitiannya.
-
h. Sifat Penelitian
Kualitatif : ekspansionis atau selalu mencari jawab dari permasalahan yang terjadi dan terus mencari tahu hubungan yang satu dan lainnya.
Kuantitatif : pengkhususan pada penelitiannya.
-
i. Desain penelitian
Kualitatif : dapat mengubah-ubat desain penelitiannya.
Kuantitatif : desain penelitian tetap.
Demikian yang dapat IBI sampaikan semoga apa yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sobat IBI semua.
-Salam Semangat IBI-
Baca juga artikel IBI lainnya di:
- Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Kopi Dan Artinya
- Contoh Soal Bahasa Inggris Jumbled Word Berserta Kunci Jawabannya
- Contoh Surat Dalam Bahasa Inggris Dan Surat Balasannya
- Lirik Lagu Wajib Nasional Hymne Guru Dalam Bahasa Inggris
The post Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing first appeared on IBI ( IlmuBahasaInggris.Com ).
Itulah pembahasan tentang Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs cepatpahambahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.
Post a Comment for "√Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pengajaran Bahasa Asing ~ CPBI"