Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana seharusnya seorang guru bahasa Inggris bersikap? ~ CPBI

Bagaimana seharusnya seorang guru bahasa Inggris bersikap? - Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan oleh seluruh orang didunia, itu sebabnya bahasa inggris dijadikan sebagai bahasa internasional. Belajar bahasa inggris bisa dibilang adalah hal yang cukup penting, baik untuk para siswa atau pun untuk masyarakat umum. Nah situs Cepat Paham Bahasa Inggris (CPBI) adalah salah satu media pembelajaran bahasa inggris online yang bisa diakses secara gratis untuk siapapun yang ingin mengenal lebih jauh tentang seluk beluk bahasa inggris.

Kami mengimpun berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran atau penerapan bahasa inggris. Kali ini kita akan coba membahas tentang Bagaimana seharusnya seorang guru bahasa Inggris bersikap?. Tertarik untuk mengetahuinya? Jika demikian adanya, maka tidak ada salahnya jika Anda melanjutkan membaca artikel ini hingga selesai supaya bisa memahami dengan baik. Baiklah tidak usah berlama-lama yuk langsung kita simak saja ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Lengkap Bagaimana seharusnya seorang guru bahasa Inggris bersikap?

Bagaimana seharusnya seorang guru bahasa Inggris bersikap?
Cara mudah belajar bahasa Inggris – Tulisan ini saya berikan khusus kepada para guru Bahasa Inggris yang ada di Indonesia, dan melalui artikel ini, saya ingin membagi tips bagaimana seharusnya seorang guru bahasa Inggris bersikap. Oke, kita mulai yah, Ketika Anda diposisikan sebagai seorang guru bahasa asing terutama bahasa Inggris, maka situasinya tentu sangat jauh berbeda dengan guru matematika.
 
Seorang guru bahasa asing sudah selayaknya berbicara banyak dan sedikit diam, bergerak aktif dan sedikit duduk, serta berpikir lebih kreatif. Kita bisa membandingkan Anda dengan seorang guru matematika, guru matematika bisa mendapatkan pengajaran terbaik hanya dengan mengajari siswa mereka sebuah rumus, memberikan contoh soal, kemudian menginstruksikan murid untuk mengerjakan soal. Ketika murid mengerjakan soal, tentu lebih banyak diam bukan? Dan semua proses ini memang dianjurkan namun dalam pelajaran Matematika.
 
Proses tersebut sangat jauh berbeda dengan keadaan guru bahasa Inggris. Ketika banyak diam dan hanya memberikan rumus tenses, pola kalimat, dan grammar-grammar lainnya, maka Anda bisa dianggap sebagai guru yang tidak menguasai bahasa tersebut dengan baik. Coba kita pikirkan dengan bijak, ketika Anda dianggap menguasai sebuah bahasa, maka hal apa yang pertama kali diuji? Tentu kemampuan Anda dalam berbicara bukan? So, speak up guys..
 
Ketika kita banyak berceloteh dalam bahasa Inggris, maka kemampuan murid untuk skill mendengarkan akan semakin baik bukan? Lebih jauh lagi, mereka bisa memperoleh motivasi untuk bisa berbicara seperti Anda. Lalu bagaimana jika mereka semakin tidak mengerti bahasa Inggris yang diucapkan? Cobalah untuk melakukan dwi bahasa, artinya Anda menerapkan bahasa Inggris dan kemudian berbicara dalam bahasa Indonesia.
 

Berbicara lebih banyak sudah, kemudian apalagi?

 
Anda memerlukan sebuah metode. Metode pembelajaran yang baik akan menghasilkan output yang baik dalam bidang pelajaran apapun bukan? Juga, dengan metode pembelajaran yang tepat, maka Anda akan mendapatkan arahan dalam mengajar. Kita bukan lagi berbicara mengenai masalah “speaking ability” namun saat ini, kita berbicara tentang metode yang tepat sehingga mampu mengarahkan guru dan murid untuk mengajar dan memahami bahasa inggris dengan baik.  
 
Ada banyak metode pengajaran dalam bahasa Inggris diantaranya, audio lingual method, silent way, community language learning, suggestopedia, total physical response, dan natural approach. Nah, bagi Anda yang masih menggunakan menggunakan beragam rumus tenses, pola kalimat, dan hafalan beribu-ribu kosakata, maka itu disebut sebagai metode grammar translation.
Grammar translation method adalah metode yang digunakan ratusan tahun lalu serta telah usang. Ada seorang professor yang berada di universitas tempat saya menempuh pendidikan secara terang-terangan mengatakan bahwa “Anda adalah guru kampungan jika masih menggunakan grammar translation method”. Sebuah pukulan bagi kita semua bukan? Karena di Indonesia rata-rata guru bahasa Inggris masih menggunakan metode lama tersebut.
 
Jadi, anjurannya bagi guru-guru Indonesia yang masih menggunakan metode grammar translation, bersegeralah untuk mencari metode lain yang jauh lebih modern sehingga pemahaman bahasa Inggris yang akan didapatkan siswa semakin baik.
 

Lakukan pengujian pada beberapa metode

 
Ketika mulai menerapkan sebuah metode, kita tentu tidak mengetahui metode mana yang baik dan cocok bagi siswa. Bagaimana cara mengatasinya? Lakukanlah uji coba pada beberapa metode dan Anda akan mengetahui mana metode yang cocok. Terapkan action lebih banyak dan jangan terlalu banyak membaca dan melakukan analisis mengenai metode pengajaran.
 

Dimana Anda bisa mendapatkan referensi bagi setiap metode?

 
Internet adalah gudang ilmu selain buku. Jika Anda adalah seorang guru yang berkecukupan, maka membeli buku-buku mahal tentu tak masalah bukan? Namun bagaimana jika kita belum belum memiliki biaya untuk membeli buku-buku tebal tersebut? Jangan khawatir karena dengan internet, Anda bisa mendapatkan banyak informasi secara gratis. Selamat mencoba, dan semoga Anda bisa menjadi guru bahasa Inggris yang bermanfaat. 
Demikian ulasan mengenai Bagaimana seharusnya seorang guru bahasa Inggris bersikap? yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs cepatpahambahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Post a Comment for "Bagaimana seharusnya seorang guru bahasa Inggris bersikap? ~ CPBI"