Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1 ~ CPBI

Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1 - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Cepat Paham Bahasa Inggris (CPBI) akan coba mengupas mengenai "Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Cepat Paham Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1

Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1

syllabus


PERANGKAT PEMBELAJARAN

SILABUS

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

KELAS VII

SEMESTER I

 

 SMP XXXXXX PALEMBANG

TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

 

 

Nama Sekolah                         : SMP XXXXX

Kelas                                         : VII (Tujuh)

Semester                                   : 1 (Satu)

Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris

Standar Kompetensi              : 1.  Mendengarkan

                                                  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

Kompetensi Dasar Nilai Karakter Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Penilaian

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1.1.   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang ü Kepedulian

 

ü Kepatuhan

pada aturan

 

ü Kerjasama

1.     Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan :

Contoh :

Menyapa

A : Good morning

     How are you ?

   B : Fine Thanks.

     Nice to meet you

Memperkenalkan diri

  A : Hello, I’m Nina

  B : Hi, I’m Reny

     Nice to meet you

Melarang/Memerintah

  A :  Don’t do that.

  B :  No. I won’t

 

2.     Tata Bahasa

·  Verb be

·  Imperatives

 

3.     Kosakata

·  Kata Terkait Tema

·  Kata Terkait Jenis teks

 

 

1.  Curah pendapat tentang materi yang terkait dengan sapaan, perkenalan, larangan/perintah dan kesantunan

 

2.  Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang secara berkelompok

 

3.  Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang

 

4.  Menjawab / merespon dengan santun pertanyaan tentang percakapan yg didengar

1. Merespon ungkapan ungkapan sapaan orang yang sudah    /belum dikenal dengan santun

 

2. Merespon ungkapan perkenalan diri

sendiri / orang lain

sesuai dengan

aturan/norma yang

berlaku

 

 

3.  Melakukan  perintah  / larangan yang disampaikan guru atau teman dengan benar dan santun secara berpasangan

 

 

1.Tes lisan

 

 

 

 

2.Tes     tertulis

 

 

 

 

3.Unjuk

kerja

 

 

 

 

4.Penilaian diri

 

1.     Merespon ungkapan lisan

 

 

 

2.     Pilihan ganda

 

 

 

 

 

3.     Melakukan perintah guru

 

 

 

 

4.     Lembar penilaian diri

Listen to the expressions and give your

response.

1.     A:Goodmorning.

  B:…………….

2.     Listen and choose the best option.

A : “Hi, I’m Yeny,Nice to  meet you

B :  

a. oh, really ?

b. Thank you so much

c. It’s a pleasure

d. Nice to meet you, too

3. Give it to me, please!

 

I participate in the discussion actively.

¨ Always

¨ Sometimes

¨ Never

4 x 35 menit Functional English for Junior High School Grade VII

 

Let’s Talk

 

 

1.2.   Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

 

ü Kepedulian

 

ü Kesantunan

 

ü Kejujuran

 

1.     Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan sebagai berikut:

 

Contoh:

 

Meminta dan memberi informasi

A : Where’s the book?

B : It’s there.

 

Mengucapkan terima kasih

   A : Thank you.

   B : You’re welcome.

 

  Meminta maaf

 A : I’m sorry.

 B : Its okay.

 

Mengungkapkan kesantunan

A : Help me, please.

B : With pleasure.

 

 

1.     Mendengarkan dan merespon dengan cermat percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf, kesantunan.

 

2.     Berlatih memahami dan  menggunakan kosakata dan tatabahasa yang relevan dengan topik /materi

 

3.     Mendengarkan dg seksama percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf dan kesantunan

 

4.     Berlatih menggunakan gambit-gambit yang relevan dengan materi percakapan terkait.

 

5.     Menjawab / merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan dengan cermat dan santun

 

 

 

1.     Merespon ungkapan

Meminta dan

memberi informasi

dengan benar

 

 

 

2.     Merespon ungkapan terimakasih dengan santun

 

 

3.     Merespon ungkapan     Permintaan maaf dengan santun

 

 

 

 

4.     Merspon ungkapan Kesantunan

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Tes lisan

 

 

 

 

 

2.      Tes tertulis

 

 

 

3.      Tes tertulis

 

 

 

4.     Tes tertulis

 

 

 

 

1.     Merespon pertanyaan / ungkapan lisan

 

 

 

2.     Melengkapi percakapan

 

 

 

3.     Melengkapi percakapan

 

 

 

4.     Melengkapi percakapan

 

 

 

1.     Listen to the questions / expressions and give your answer / response orally.

A : How many people are  in the conversation?

B : ……

 

2.     Listen to the expressions and write your response.

A :Thank You

B : ……

 

A : Sorry I’m Late

B : ……

 

A : Come in, please !

B: ……

 

 

 

 

4 x 35 menit

 

Functional English for Junior High School Grade II

 

Let’s Talk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi : Mendengarkan

                                         Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

 

Kompetensi

Dasar

 

Nilai Karakter

Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Penilaian Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

 

2.1.     Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancardan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

 

 

 

 

 

 

ü Kepedulian

 

ü Kecerdasan

 

ü Kerjasama

 

1.     Teks fungsional pendek.

Contoh:

Instructions

·  Keep closed!

·  Leave me alone.

Shopping list

Things to buy :

·  Sugar

·  Flour

·  Meat

·  Butter

Greeting cards

·  Congratulations !

·  Well done !

Announcement

“ School is closed tomorrow because it’s the WAISAK day.”

 

2.     Tata bahasa

·  Imperatives

 

3.     Kosa kata

·  Kata terkait tema

·  Kata terkait jenis teks

 

4.     Ungkapan Baku

·  Well done.

·  Congratulations!

 

 

1.     Menyimak dengan seksama teks fungsional yang dibacakan guru terkait dengan materi

 

2.     Membahas dengan cermat kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase tentang daftar benda/barang secara berkelompok

 

3.     Mendengarkan dengan cermat berbagai contoh teks fungsional pendek lainnya

 

4.     Menjawab/merespon secara berpasangan pertanyaan tentang makna tindak tutur ungkapan-ungkapan dalam teks instruksi, shopping list, greeting cards, dan pengumuman dengan cermat.

 

 

1.     Menentukan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek dengan tepat terkait dengan:

·  Instruksi

·  Daftar barang (Shoping list)

·  Ucapan selamat

·  Pengumuman

 

2.     Mengidentifikasi bentuk teks fungsional pendek

 

 

 

 

1.     Tes tulis

 

2.     Tes lisan

 

3.     Penilaian diri

 

 

1.     Pilihan ganda

 

2.     Jawaban Singkat

 

3.     Lembar penilaian diri

 

1.     Listen to the text  and  choose the right  answer

 

How many things does she want to buy?

a.     Three.

b.     Four.

c.     Five

d.     Six

 

 

2.     What type of text is it?

 

 

3.     I help others in the discussion.

¨ Always

¨ Sometimes

¨ Never

 

 

4 x 35 menit

 

Functional English for Junior High School Grade II

 

Gambar benda-benda kebutuhan sehari-hari

 

Let’s Talk

 

 

2.2.     Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

 

 

ü Kecerdasan

 

ü Kepedulian

 

ü Kerjasama

1.     Teks fungsional pendek:

Contoh:

Instructions

·  Keep closed!

·  Leave me alone.

 

Shopping list

Things to buy :

·  Sugar

·  Flour

·  Meat

o Butter

 

Greeting cards

·  Congratulations !

·  Well done !

 

Announcement

“ School is closed tomorrow because it’s the WAISAK day.”

 

2.     Tata bahasa

·  Imperatives

 

3.     Kosa kata

·  Kata terkait tema

·  Kata terkait jenis teks

 

4.     Ungkapan Baku

·  Well done!

·  Congratulations!

 

1.     Mendengarkan dan merespon dengan cermat percakapan tentang makna yang tersurat dalam ungkapan teks fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement.

 

2.     Mendiskusikan  kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan teks  fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement

 

3.     Mendengarkan  dan Mengidentifikasi makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi secara berpasangan

 

4.     Menjawab dengan tegas pertanyaan-pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam materi teks yang berkaitan dengan:

a.      gambaran umum teks

b.     informasi rinci

1.     Mengidentifikasi dengan tepat makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:

· Instruksi

· Shopping list

· Greeting card

·  Announcement

 

2.     Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek berupa:

· Instruksi

· Shopping list

· Greeting card

·  Announcement

 

 

3.     Bekerja sama mengidentifikasi:

·  Gambaran umum

·  Informasi rinci

·  Informasi tersirat

·  Makna kata

 

 

 

 

1.      Tes lisan

 

 

 

2.     Tes tulis

 

 

 

3.     Tes Tulis

 

 

 

4.     Peer assess-ment

1.     Daftar pertanyaan

 

 

2.     Game

 

 

 

3.     Melakukan perintah

 

 

4.     Melengkapi kalimat

 

 

 

5.     T/F

 

 

 

6.     Lembar peer assess-ment

 

 

·  Listen and answer the questions orally!

 

·  Listen and mention as many shopping list items as you can remember

 

·  Listen to the instruction and do it.

1.     Open the door, please!

 

· Listen to the announcement and fill in the blank spaces

1. The announcement is given to …

 

·  Write down T/F for the statements below

1. The text is about congratulating someone on her/his birthday.

 

I notice she/he shares ideas with others in group discussions.

¨ Always

¨ Sometimes

¨ Never

4 x 35 menit Functional English for Junior High School Grade II

 

 

Script teks fungsional pendek lisan yang ada dalam kehidupan nyata

 

 

 

 

Standar Kompetensi : 3. Berbicara

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

 

Kompetensi

Dasar

Nilai Karakter MateriPembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Penilaian Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

 

3.1.     Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi denganlingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

 

 

 

ü Percaya diri

 

ü Kepedulian

 

ü Kerja sama

 

1.     Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan

Contoh:

Menyapa

A : Good morning

How are you ?

B : Fine Thanks.

     Nice to meet you

 

Memperkenalkan diri

  A : Hello, I’m Nina

  B : Hi, I’m Reny

     Nice to meet you

 

Melarang/Memerintah

  A : Don’t do that.

  B : No. I won’t

 

  A : Stop it

  B : Ok

 

2.     Tata Bahasa

·    Verb be

·    Imperatives

3.     Kosakata

·    Kata Terkait Tema

·    Kata Terkait Jenis Teks

 

 

1.       Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan materi.

 

2.       Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan.

 

3.       Membahas makna, kosakata dan struktur percakapan sesuai materi dalam kelompok.

 

4.       Latihan melakukan percakapan dalam bentuk dialog secara berpasangan.

 

5.       Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata secara berpasangan dengan penuh percaya diri

 

 

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

 

·      Menyapa orang yang belum/sudah dikenal

 

·      Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.

 

·      Memerintah/melarang

 

 

 

1.     Unjuk kerja

 

 

2.     unjuk kerja

 

 

3.     Unjuk kerja

 

 

4.     Peer assess-ment

 

1.    Tanya jawab

 

 

 

2.    Bermain peran

 

 

 

3.    Bermain peran

 

 

 

4.    Lembar peer assess-ment

 

1.      Make a role play based on a picture.

 

2.      Perform a dialogue self introduction in front of the class!

 

3.     Work in pairs to give and respond to the instruction.

    a. “Go to the door”.

    b. “All right.” 

 

4.     I notice she/he shares ideas with others in group discussions.

¨ Always

¨ Sometimes

¨ Never

 

 

 

 

 

 

6 x 35 menit

 

Script percakapan

 

Functional English for Junior High School Grade II

 

Let’s Talk

 

 

 

 

 

 

3.2.     Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan      terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi,  mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan

 

 

ü Percaya  diri

 

ü Kerjasama

 

ü Kesantunan

 

 

Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan sebagai berikut:

 

Contoh :

Meminta dan memberi informasi

A :  Where’s the book?

B :  It’s there.

 

  Mengucapkan terima  

 kasih

    A :  Thank you.

    B :  You’re welcome.

 

   Meminta maaf

   A :  I’m sorry.

   B :  Its okay.

 

Mengungkapkan kesantunan

 A: Help me, please.

B: With pleasure.

 

 

 

1.     Mendengarkan dan memberi respon tindak tutur terkait topik materi yang akan disampaikan

 

2.     Mereview kosakata dan tatabahasa yang terkait dalam tindak tutur dengan topik materi yang dipelajari

 

3.     Mendengarkan model percakapan

 

4.     Berlatih menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan secara berpasangan

 

5.     Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas

1.     Meminta dan memberi informasi dengan percaya diri

 

 

2.     Mengucapkan terima kasih

 

 

 

 

3.     Meminta maaf

 

 

4.     Mengungkapkan dan merespon kesantunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Unjuk Kerja

 

 

 

2.     Unjuk Kerja

 

 

 

 

3.     Unjuk Kerja

 

 

 

4.     Unjuk Kerja

 

 

 

 

5.     Peer assess-ment

 

1.    Tanya jawab

 

 

 

 

2.    Merespon secara lisan

 

 

 

 

3.    Merespon secara lisan

 

 

 

4.    Bermain peran

 

 

 

 

5.     Lembar peer assess-ment

1.     Ask and answer questions to your friends based on the situation given or picture.

 

2.     Respond to the following expressions

A: Thank you.

B: …

3.     Respond to the following expressions

A: I’m sorry I’m late.

B: ….

4.     Create a dialogue based on the situations given.

A: ….

B: ….

5.     I notice she/he shares ideas with others in group discussions.

¨ Always

¨ Sometimes

¨ Never

 

 

6 x 35 menit

 

 

Script percakapan

 

Functional English for Junior High School Grade II

 

Alat peraga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi : 4. Berbicara

 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

 

Kompetensi

Dasar

 

Nilai Karakter

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Penilaian Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1.     Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

 

 

 

ü Percaya diri

 

ü Kereligiusan

 

ü Kerjasama

 

 

 

 

 

1.     Teks fungsional pendek

Contoh:

Instructions

·  Keep closed!

·  Leave me alone.

Shopping list

Things to buy :

o Sugar

o Flour

o Meat

o Butter

Congratulating

·  Congratulations !

·  Happy Lebaran Day!

·  Well done!

Announcement

“ School is closed tomorrow because it’s the WAISAK day.”

 

2.     Tata bahasa

·  Imperatives

 

3.     Kosa kata

·  Kata terkait tema

·  Kata terkait jenis teks

 

4.     Ungkapan Baku

·  Well done.

·  Congratulations

 

 

 

 

1.     Eliciting kosa kata, tata bahasa dan bentuk teks  yang terkait dengan   materi

 

2.     Menirukan ungkapan-ungkapan sesuai materi

 

3.     berlatih untuk memberi perintah, menyebtkan daftar barang, mengucapkan selamat, dan mengumumkan dengan singkat secara berpasangan

 

4.     Menggunakan      ungkapan percakapan dalam situasi nyata secara mandiri

 

1.     Memberi instruksi secara jelas

 

2.     Menyebut daftar benda yang terdapat dalam ruangan tertentu dengan tepat

 

3.     Mengucapkan selamat atas kebahagiaan dan keberhasilan orang lain.

 

4.     Mengumumkan dengan singkat dan jelas.

 

 

1.    Tes lisan

 

 

 

2.     Unjuk kerja

 

 

 

3.     Unjuk kerja

 

 

 

4.     Unjuk kerja

 

 

 

5.     Penilaian diri

 

1.     Membahasa

Kan gambar

 

2.     Uji Petik

 

 

 

 

3.     Uji Petik

 

 

 

 

4.     Uji Petik

 

 

 

 

5.     Lembar penilaian diri

 

1.  Give  instruction based on the picture shown!

 

2.  Mention 5 things you have in :

     a. Your bag

     b.Your bedroom

 

3.  What would you say to a friend :

     a. on his/her birthday

     b. in weekends

  c. if he/she has got          the best in class

 

4.  Announce to your friends when and where the coming flag ceremony will be held.

 

5.        I participate in the discussion actively.

¨ Always

¨ Sometimes

¨ Never

6 x 35 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Functional English for Junior High School Grade II

 

Alat peraga

 

 

4.2.     Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

 

ü Percaya diri

 

ü Kereligiusan

 

ü Kerjasama

 

 

 

1.     Teks fungsional pendek.

Contoh:

Instructions

·  Keep closed!

·  Leave me alone.

 

Shopping list

Things to buy :

o Sugar

o Flour

o Meat

o Butter

 

Congratulating

·  Congratulations !

·  Merry christmast!

·  Well done !

 

Announcement

“ School is closed tomorrow because it’s the WAISAK day.”

 

2.     Tata bahasa

·    Imperatives

 

3.     Kosa kata

·    Kata terkait tema

·    Kata terkait jenis teks

 

4.     Ungkapan Baku

·    Well done.

·    Congratulations!

 

 

1.     Mendengarkan dan memberi respon  introduction tentang makna gagasan teks lisan fungsional pendek sesuai topik materi yang akan disampaikan

 

2.     Mendengarkan dan memberi respon penjelasan tentang kosakata, tatabahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverbs, shrort answer, istilah-istilah dalam teks fungsional pendek dengan seksama

 

3.     Mendengarkan model teks-teks lisan fungsional pendek dan mengidentifikasi makna gagasannya

 

4.     Menggunakan teks-teks fungsional pendek dalam simulasi secara berpasangan

 

Menyampaikan teks fungsional pendek: instruksi, shopping list, congratulating dan pengumuman secara lisan dan jelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Tes lisan

 

 

2.     Tes lisan

 

 

3.     Unjuk kerja

 

 

4.     Unjuk kerja

 

 

5.     Penilaian diri

 

 

1.     Membahasakan gambar

 

 

2.     Uraian

 

 

3.     Uji Petik

 

 

 

4.     Uji Petik

 

 

 

5.     Lembar penilaian diri

1.     Give instruction to your friend based on the picture.

 

 

2.      Mention the things that you find in your bedroom.

 

 

3.      Congratulate your friend on his / her success in doing something.

 

4.      Announce to your friend about the coming school holiday.

 

5.     I participate in the discussion actively.

¨ Always

¨ Sometimes

¨ Never

 

 

6 x 35 menit

 

Script of short functional texts

 

Functional English for Junior High School Grade II

 

Alat peraga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi : 5. Membaca

                                                  Memahami makna dalam teks  tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

 

 

Kompetensi

Dasar

 

Nilai Karakter

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Penilaian Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

 

5.1.    Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

 

 

 

ü Percaya Diri

 

ü Kecerdasan

 

ü Ketangguhan

 

1.     Pronunciation kata

dan Intonation: frasa, kalimat yang  telah dipelajari

 

2.     Teks fungsional pendek berbentuk:

·    Instruksi

·    Daftar barang

·    Ucapan selamat

·    Pengumuman

 

 

 

1.     Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation

 

2.     Mendengarkan model membaca nyaring

 

3.     Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model dengan akurat

 

4.  Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar dengan percaya diri

 

·         Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar

 

·         Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar

 

·         Membaca nyaring teks fungsional pendek dengan baik dan benar serta percaya diri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.   Tes unjuk kerja

 

 

 

2.   Observasi

 

 

 

3.   Observasi

 

1.     Uji petik membaca nyaring

 

 

2.      Lembar Observasi

 

 

3.     Lembar Observasi

 

1.        Read the following words and phrases loudly and correctly.

 

2.        Read the following sentences loudly and correctly.

 

3.        Read the following text loudly, correctly and fluently.

 

 

 

 

 

 

 

6 x 35 menit

 

 

Functional English for Junior High School Grade II

 

Let’s Talk

 

 

 

5.2.     Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

 

üKecerdasan

 

üKerjasama

 

üKepedulian

 

 

Teks fungsional pendek berbentuk:

 

·       Instruksi

·       Daftar barang

·       Kartu ucapan

·       Pengumuman

 

 

 

1.     Curah pendapat yang terkait dengan materi

 

2.     Membahas kosakata struktur kalimat, struktur bacaan, tujuan teks, dsb dalam kelompok

 

3.     Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan

 

 

1.     Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk :

·    Instruksi

·    Daftar barang

·    Kartu ucapan

·    Pengumuman

 

2.     Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca

 

3.     Mengidentifikasi tujuan masing-masing teks fungsional yang telah dibahas.

 

1.     Tes tulis

 

 

 

2.     Tes tulis

 

 

 

 

3.     Tes tulis

 

 

 

4.     Tes tulis

 

 

 

5.     Penilaian diri

 

1.     Pilihan ganda

 

 

2.     Meleng-kapi kalimat/ frase

 

 

3.     Menjawab pertanya-an

 

 

4.     Menjawab singkat

 

 

5.     Lembar penilaian diri

 

1.     Read the text and choose  

      the correct answer.

 

      When will the flag ceremony be held?

a. … b. …

c. … d. …

 

2.     What are the verbs used in the text?

 

 

3.      What’s the purpose of the text?

 

 

4.     I participate in the discussion actively.

¨ Always

¨ Sometimes

¨ Never

 

 

 

 

 

 

 

 

6 x 35 menit

 

Functional English for Junior High School Grade II

 

Let’s Talk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi : 6. Menulis

Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

 

Kompetensi

Dasar

 

Nilai Karakter

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Penilaian Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

6.1.     Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat ü Kecerdasan

 

ü Kerjasama

 

ü Kereligiusan

 

 

 

 

1.        Teks fungsional pendek berbentuk:

·    Instruksi

·    Daftar barang

·    Kartu ucapan

·    Pengumuman

 

2.        Kalimat sederhana terkait materi dan jenis teks.

 

3.        Tanda Baca

 

4.        Spelling

1.       Mereview ciri-ciri  jenis teks fungsional pendek

 

2.       Membuat frasa, kalimat   sesuai materi berpasangan

 

3.       Membuat teks

fungsional pendek secara berkelompok

 

4.       Menulis dan  memajang hasil karya teks fungsional pendek secara mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.        Melengkapi teks fungsional pendek

 

 

2.        Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu

 

 

3.        Menulis teks fungsional pendek

 

 

1.     Tes tertulis

 

 

 

2.     Tes tertulis

 

 

3.     Tes tertulis

 

 

4.     Tes tertulis

 

 

5.        Penilaian diri

1.     Melengkapi titik-titik yang kosong

 

 

2.     Menyusun kata

 

 

3.     Menyusun

kalimat

 

 

4.        Esai

 

 

 

5.        Lembar penilaian diri

1.        Complete the blank spaces of the following text using the suitable words or phrases!

 

2.        Arrange the jumbled words
into good sentences

 

3.         Arrange the jumbled sentences in a good order

 

4.        Make a greeting card (choose the topic you like: Happy birthday, Wedding, Season’s greeting)

 

5.        I help others in the group discussion.

¨ Always

¨ Sometimes

¨ Never

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8 x 35 menit Functional English for Junior High School Grade II

 

Alat peraga

 

Lingkungan sekitar yang terdapat pengumuman dan tanda peringatan

 

6.2.     Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,  lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

ü  Kecerdasan

 

ü  Kereligiusan

 

ü  Kerjasama

 

1.       Teks fungsional pendek berbentuk:

 

·  Instruksi

·  Daftar barang

·  Kartu ucapan

·  Pengumuman

 

 

2.       Langkah retorika teks fungsional pendek

 

1.        Mengidentifikasi langkah retorika teks fungsional pendek yang diberikan dengan bantuan guru

 

2.        Menyusun kata dan frasa menjadi kalimat secara mandiri

3.        Menyusun kalimat menjadi teks fungsional pendek yang padu dalam kelompok

 

4.        Menulis teks fungsional pendek.

 

5.        Mendisplay hasil karya siswa

 

1.     Menyusun kata dan frasa acak menjadi kalimat yang padu.

 

 

2.     Menyusun kalimat acak menjadi teks fungsional pendek yang padu

 

 

3.     Menulis teks fungsional pendek berdasarkan gambar/situasi yang diberikan dengan runtut.

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Tes tulis

 

 

 

2.     Tes tulis

 

 

 

 

3.     Tes tulis

 

 

 

 

4.     Penuga-saan

 

 

 

 

 

 

1.     Jumbled words

 

 

2.      Jumbled sentences

 

 

 

3.      Esai

 

 

 

 

4.     Project

 

 

 

 

 

 

1.        Arrange the following jumbled words into a good sentence.

 

2.         Arrange the following jumbled sentences into a good text

 

3.        Write a simple text based on the following situations or pictures provided.

 

4.        Go to public places and write any functional texts of instructions, list of things, greeting cards, and announcements

 

5.        I share ideas in the group discussion.

¨ Always

¨ Sometimes

¨ Never

 

 

 

8 x 35 menit

 

 

Functional English for Junior High School Grade II

 

 

alat peraga Pengumuman instruksi, daftar barang, kartu ucapan otentik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

The post Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1 first appeared on IBI ( IlmuBahasaInggris.Com ).

Itulah pembahasan tentang Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1 yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs cepatpahambahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Post a Comment for "√Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7 Semester 1 ~ CPBI"