Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus SMP Kelas IX Semester 1 ~ CPBI

Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus SMP Kelas IX Semester 1 - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Cepat Paham Bahasa Inggris (CPBI) akan coba mengupas mengenai "Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus SMP Kelas IX Semester 1" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Cepat Paham Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus SMP Kelas IX Semester 1

Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus SMP Kelas IX Semester 1

syllabus

Sekolah                       : SMP XXXXX BANDAR LAMPUNG

Kelas                           : IX (Sembilan )

Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris

Semester                     : 1 (Satu)

Standar Kompetensi : Mendengarkan

  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan

 

Percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut

A.     Are you sure ?

B.     I am. It is confirmed

 

A.     Well… I am not sure

B.     Don’t worry

 

 

 

 

1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian, mengungkapkan dan menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan. Contoh:

Kepastian:

–                                          of course I would     

–                                          I certainly would

Keraguan:

–       I don’t know

–       I can’t decide

2.     Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan materi

3.     Mengidentifikasikan gambit-gambit yang digunakan dalam percakapan

4.     Menjawab percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan

 

·   Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian

 

 

·   Merespon ungkapan mengungkapakan dan menganggapi keraguan

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

 

 

Tes tertulis

Pertanyaan

 

 

 

 

 

 

– Pilihan ganda

 

 

 

 

-Melengkapi per cakapan

– Respond the teacher’s statement!

T: “Are you sure?

S: “…….”

 

 

– Choose the correct expression to complete the dialogue below

 

– Complete the dialogue according to the conversation!

 

2×40 menit 1.  Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)

 

 

2.     Script percakapan

3.     Buku teks yang relevan

 

1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman

 

Percakapan memuat ungkapan berikut :

 

I beg your pardon?/Pardon?

 

A. I’ve got good news!

B. Tell me more about it.

 

A. What a beautiful day!

B. It is. Shall we go to the beach ?

 

1.     Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik dan ungkapan terkait materi.

2.     Mengembangkan kosa kata terkait tema / topik yang dipilih.

3.     Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.

4.     Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.

5.     Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.

6.     Merespon ungkapan yang diucapkan guru.

 

·   Merespon ungkapan meminta pengulangan

 

·   Merespon ungkapan menunjukan perhatian

 

·   Merespon ungkapan menyatakan kegaguman

 

Tes tulis Isian singkat Listen to the dialoque and complete the sentences. 2 x 40 menit 1.  Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)

 

 

2.Script percakapan

Buku teks yang relevan

Standar Kompetensi : Mendengarkan

  1. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam

konteks kehidupan  sehari-hari

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

2.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

·       Teks fungsional /pendek

–       pesan singkat

–       iklan

–       pengumuman

 

 

1.     Tanya jawab tentang berbagai hal terkait dengan jenis teks fungsional yang akan dibahas dengan bantuan contoh / model.

2.     Membahas tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.

3.     Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.

4.     Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

 

·   Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, iklan dan pengumuman

 

 

 

·   Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, pesan singkat, iklan, pengumuman

 

Tes Tulis Isian singkat Listen to the text and complete the sentences. 2×40 menit 1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)

2. Teks-teks  otentik berbentuk prosedur (misal, resep-resep masakan, manual)

3. Buku teks yang relevan

 

2.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report Teks monolog berbentuk procedure dan report.

 

 

 

 

 

1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan tema tertentu, misalnya photography

2.     Membahas langkah-langkah retorika berbentuk procedure/report dengan menggunakan ungkapan-ungkapan giving and demanding service

3.     Mendengarkan rekaman teks monolog berbentuk procedure/report

4.     Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks monolog procedure/report yang didengarkan

 

·   Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monologpendek berbentuk procedure/report

·   Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks monolog berbentuk procedure/report

·   Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks monolog berbentuk procedure/report

Tes lisan

 

 

 

 

 

Tes tertulis

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

Pilihan ganda

 

 

 

Melengkapi kalimat rumpang

Demonstrate how to operate a digital camera!

   The teacher  will read the instruction for you

 

Choose the correct answer.

  Listen carefully!

– Complete the sentences!

2×40 menit 1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)

2. Teks monolog berbentuk prosedur

3. Teks-teks  otentik berbentuk prosedur (misal, resep-resep masakan, manual

Standar Kompetensi : Berbicara

  1. Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan

 

 

Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan:

 

A.     Are you sure ?

B.     I am. It is confirmed.

 

 

A.     Well… I am not sure.

B.     Don’t worry.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Tanya jawab menggali kosakata terkait topik/tema yang dipelajari

 

2.     Menjawab / merespon ungkapan-ungkapan terkait materi

 

3.     Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan yang telah dipelajari

 

4.     Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

 

5.     Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan

 

·   Bertanya dan menjawab tentang meminta dan memberi kepastian

 

·   Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan dan menanggapi keraguan

 

 

 

 

 

Tes lisan

 

 

Performance

 

Create a dialogue based on the given situation and perform it in front of the class!

 

 

 

2 x 40 menit

 

1. Buku text  yang relevan

 

2. Gambar-gambar terkait tema

 

3.Benda benda sekitar

3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman  1.     Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema yang dipelajari.

 

2.     Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.

 

 

3.     Mendengarkan percakapan menggunakan ungkapan terkait.

 

4.     Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.

 

 

5.     Bermain peran melakukan percakapan.

 

·         Bertanya dan menjawab tentang meminta pengulangan

 

·         Bertanya dan menjawab tentang menunjukan perhatian

 

·         Bertanya dan menjawab tentang menyatakan kekaguman

Percakapan singkat memuat ungkapan berikut :

 

I beg your pardon?

/Pardon?

 

 

A. I’ve got good news!

B. Tell me more about

    It!

 

A. What a beautiful

    day!

B. It is. Shall we go to the beach ?

 

Tes lisan Bermain peran Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class! 2 x 40 menit 1. Buku teks  yang relevan

 

2. Gambar-gambar terkait tema

 

3.Benda benda sekitar

Standar Kompetensi : Berbicara

  1. Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

·         Teks fungsional / pendek

–       pesan singkat.

–       iklan.

–       pengumuman

1.     Tanya jawab tentang berbagai hal terkait jenis teks fungsional pendek yang akan dibahas.

2.     Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks.

3.     Membuat draft jenis teks fungsional :

–   pengumuman.

–   pesan singkat

–   iklan

4.     Menyampaikan secara lisan :

–   pengumuman.

–   pesan singkat

–   iklan

 

·         Menyampaikan pengumuman.

·         Menyampaikan pesan singkat.

·         Mempromosikan (mengiklankan sesuatu).

 

Tes Lisan Performance 1.     Announce your school mates to gather in the lab after school!

 

2.     Tell your friend to wait for you after school!

 

 

3.     Promote the product from your village!

 

 

2 x 40 menit 1. Buku teks yang relevan

 

2. Gambar-gambar yang terkait tema

 

3. Benda-benda elektronik

 

4. Ruang multi media

4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report  

Teks monolog berbentuk procedure dan report.

 

 

 

1.     Tanya jawab tentang salah satu alat multi media (HP, computer, Tv, radio)

2.     Membuat kalimat perintah/pernyataan berdasarkan gambar kegiatan. Misal:

       – Press the

         menu button

       – Sellect the           number

       of  contact

3.     Tanya jawab tentang cara mengoperasikannya (how to make a call, how to operate computer, dsb) menggunakan gambit-gambit tertentu

–  Can you show

          me…..

        – Sure/ I’m not sure           – Let me show you.  First…,  then…, finally.

4.   Melakukan monolog dalam bentuk procedure/report dengan bantuan gambar/urutan kegiatan

 

·        Melakukan monolog pendek dalam bentuk

–       Procedure/report

 

 

Tes lisan

 

 

 

Performance

 

 Please tell us how to send sms using your HP (alternative lain boleh dipilih)

 

Observe a certain kind of things you like best and report it to the class

 

4 x 40 menit

 

1. Buku teks yang relevan

 

2. Gambar-gambar yang terkait tema

 

3. Benda-benda elektronik

 

4. Ruang multi media

Standar Kompetensi : Membaca

5.Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan

sehari-hari

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

 

5.1  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

 

 

·         Teks monolog procedure/report

·         Makna gagasan teks procedure

·         Informasi factual

·         Informasi rinci

·         Informasi tersirat dalam teks procedure dan report

·         Tujuan komunikatif teks procedure dan alat

 

·         Langkah retorika

–   teks procedure (purpose material-steps)

–   teks report (identification-description)

 

 

 

1.      Tanya jawab tentang berbagai hal yang terkait tema/topik yang dipilih

2.      Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait tema terkait topik / jenis teks prosedur

3.      Tanya jawab tentang cara mengerjakan/membuat sesuatu

4.      Membaca teks prosedur

5.      Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi dalam teks prosedur

–      Tujuan  komunikatif

–       Bahan yang diperlukan

–       Cara melakukan.membuat sesuatu

–       Langkah retorika teks procedure/report

–       Ciri kebahasaan teks prosedur

6.    Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat

 

·   Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk procedure dan report

 

·   Mengidentifikasi berbagai informasi yang terdapat dalam teks berbentuk procedure dan report

 

·   Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks berbentuk procedure/report

 

 

·   Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks berbentuk procedure/report

 

·   Membaca nyaring teks berbentuk procedure/report

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes lisan

 

Pertanyaan

Bacaan

 

 

 

Membaca nyaring

 

Answer the following questions based on the text

 

Read the text aloud

 

4×40 menit

 

1.   Buku teks yang relevan

2.   Buku resep bahasa Inggris

3.   Gambar-gambar tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu

4.   Gambar terkait tema

5.   Realia

6.   CD

7.   CD player

8.   TV

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

5.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure   dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima

 

·         Makna gagasan dan tekstual dalm teks fungsional/pengumuman, iklan dan pesan singkat

 

·         Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibaca.

2.     Membahas kosa kata dan ungkapan yang digunakan dalam teks yang akan dibaca.

3.     Membaca teks fungsional pendek

4.     Menjawab pertanyaan tentang isi teks.

5.     Menyebutkan jenis teks yang dibaca dan tujuan komunikatifnya.

6.     Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca.

7.     Membaca nyaring

 

·   Mengidentifikasi makna yang terdapat teks fungsional pendek; pengumuman, iklan, pesan singkat

 

 

·   Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek, pengumuman

 

 

Tes Tulis

 

 

 

Tes lisan

 

 

 

Tes lisan

1.     Pilihan ganda

 

 

2.     Isian singkat

 

 

 

3.     Membaca nyaring

Choose the best option, a, b, c or d based on the text.

 

Complete the sentences based on the text.

 

Read the text aloud

2 x 40 menit 1.   Buku teks yang relevan.

 

2.   Contoh teks fungsional :

–   iklan.

–   pengumuman.

–   pesan singkat

 

3.   Gambar yang relevan

 

Standar Kompetensi : Menulis

  1. Mengungkap kan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

6.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

·         kalimat sederhana

–       imperatives

–       simple present

 

Teks fungsional pendek :

1. iklan

2. surat pribadi

1.     Tanya jawab berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibahas.

2.     Mengamati contoh-contoh teks fungsional pendek terkait materi.

3.     Menyebutkan ciri-ciri, tujuan komunikatif dari teks.

4.     Menulis kalimat pendek dan sederhana menggunakan unsur bahasa yang diperlukan.

5.     Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks.

 

·   Menulis kalimat pendek dan sederhana

 

 

·   Menulis teks fungsional pendek dan sederhana

 

 

 

Tes Tulis Uraian 1.     Write simple sentences based on the picture given.

2.     Write an advertisement based on the picture

3.     Write a letter to your uncle telling him that you want to spend holiday in his town.

 

 

4 x 40 menit 1. Buku teks yang relevan

 

2. Buku resep bahasa Inggris

 

3. Gambar-gambar tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu

 

4. Gambar terkait tema

 

5. Realia

 

 

6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

 

·         kalimat acak dari teks procedure/report

 

 

 

 

·         teks monolog pendek berbentuk procedure/report

1.     Review berbagai hal tentang teks procedure

–      Tujuan komunikatif

–      Langkah retorika

–      Ciri kebahasaan

2.     Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait topik/jenis teks procedure

3.     Menyusun kalimat acak berdasarkan urutan gambar

4.     Menulis teks procedure berdasarkan perintah yang diberikan

·   Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report

 

 

 

·   Menulis essay berbentuk procedure

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

Menyusun kalimat

 

 

 

 

 

Uraian

Rearrange the following jumbled sentences in a good order.

 

 

Write a procedure text telling how to operate a computer

 

Write a report on a certain kind of thing or place around you.

4 x 40 menit 1Buku teks yang

relevan

 

2.Buku resep

bahasa Inggris

 

3.Gambar-gambar

tentang cara-cara

 

4.melakukan/mem

buat sesuatu

 

5.Gambar terkait

tema

 

6.Realia

 

 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

The post Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus SMP Kelas IX Semester 1 first appeared on IBI ( IlmuBahasaInggris.Com ).

Itulah pembahasan tentang Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus SMP Kelas IX Semester 1 yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs cepatpahambahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Post a Comment for "√Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus SMP Kelas IX Semester 1 ~ CPBI"