Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method) ~ CPBI

Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method) - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Cepat Paham Bahasa Inggris (CPBI) akan coba mengupas mengenai "Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method)" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Cepat Paham Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method)

Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method)

Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method)
Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method)

Dalam kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya kelas yaitu antara guru dan murid harus menggunakan sebuah metode dalam menyampaikan pelajaran. Dalam mengajar guru harus menggunakan metode pengajaran yang tepat agar Objective ( Tujuan) mengajar atau Gol dapat tercapai. Dari beberapa metode pengajaran bahasa asing  salah satunya adalah Audio Lingual Method (ALM), Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas tentang methode ini Audio Lingual Method (ALM), mari kita simak.


Apa yang dimaksud dengan ALM?

Yang dimaksud dengan ALM ( Audio Lingual Method) adalah metode pengajaran yang menekankan pengajaran bahasa asing mendengarkan dan berbicara sebelum membaca dan menulis. Menggunakan dialog sebagai bentuk utama bahasa presentasi dan latihan sebagai teknik pelatihan utama, bahasa ibu( bahasa pertama yang diperoleh) didalam kelas. Audio-lingual metode ini dikembangkan di U.S.during perang dunia kedua. Pada waktu itu, U.S.government merasa kebutuhan besar untuk mengatur program pelatihan bahasa khusus untuk memasok perang dengan bahasa personil. Oleh karena itu, pemerintah menugaskan Universitas Amerika untuk mengembangkan program bahasa asing untuk personil militer.

Dengan demikian pasukan khusus Program pelatihan (ASTP) yang didirikan pada 1942.The tujuan dari program Angkatan Darat adalah bagi siswa untuk mencapai kemampuan percakapan dalam berbagai bahasa asing. Metode yang digunakan dikenal sebagai “metode informan”, karena digunakan penutur bahasa, informan dan seorang ahli bahasa. Informan disajikan sebagai sumber bahasa untuk meniru, dan ahli diawasi pengalaman belajar. Sistem intensif yang diadopsi oleh tentara mencapai hasil yang sangat baik.

Asumsi ALM ( Audio Lingual Method )

  • Bahasa adalah ucapan-ucapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya pernyataan tersebut, dapat kita lihat bahwa metode ini lebih menekankan kepada apek berbicara. Memang benar, karena sejatinya, Metode Audiolingual memiliki anggapan bahwa grammar, dan kosakata merupakan sekumpulan teori yang sukses apabila diterapkan secarlangsung melalui berbicara. Jadi, siswa tidak akan menguasai grammar jika hanya menghafal namun harus action.

  • Listening dan speaking datang dahulu, kemudian diikuti oleh reading dan writing.

Proses ini terinspirasi dari kehidupan masa kecil kita sendiri. Ketika kecil, Anda memperoleh bahasa melalui mendengarkan dahulu bukan? Sampai saat ini saya belum menemukan satupun bayi yang langsung menulis, membaca atau berbicara tanpa mendengar terlebih dahulu.Kemudian, setelah mendengar ayah dan ibu kita berbicara, maka kita mulai berceloteh sedikit demi sedikit seperti “mama, papa, kakak, dst”

  • Setiap pengguna bahasa diarahkan untuk berbicara dalam cara yang berbeda-beda. 

seorang siswa akan tidak akan dipaksa untuk menghafalkan suatu konsep dan bagimana menggunakannya secara berulang-ulang. Mereka akan diajarkan bagaimana menggunakan bahasa secara natural dan alami tentunya dengan konsep yang berbeda-beda.


Tujuan menggunakan ALM ( Audio Lingual Method)

  • Untuk membuat siswa bisa menggunakan bahasa target secara komunikatif dan otomatis tanpa berhenti untuk berpikir.
  • Untuk membantu siswa memproleh pola sruktural kalimat atau bahasa.
  • Siswa dapat memahami bahasa asing dengan baik pada saat berbicara dan bisa lebih tanggap dengan hal-hal yang terjadi di sekitar pembicaraannya.
  • Siswa dapat berbicara bahasa asing dengan pelafalan dan pengucapan yang benar sesuai dengan tata bahasa yang tepat.
  • Siswa tidak mendapati kesulitan dan mampu memahami materi cetak.
  • Siswa dapat menulis sesuai dengan standar yang benar.

Variasi drills

Yang digunakan dalam Audio Lingual Method adalah

sebagai berikut:

  • Repetation.

Siswa mengulangi sekeras(suara) mungkin apa yang dia dengar.

  • Inflection

Satu kata akan muncul dari pengulangan.

  • Replacement

Satu kata akan terganti oleh kata lain.

  • Restatement

Siswa akan mengganti kata orang kedalam orang lain, berdasarkan instruksi.

  • Completion.

Siswa akan mendengar ungkapan yang lengkap kecuali satu kata, dan kemudin mereka akan mengulang dengan bentuk yang lengkap.

  • Transportation.

Perubahan word order ketika katanya ditambah.

  • Expansion.

Ketika katanya ditambah, it mengambil tempat dalam rentetan kata.

  • Contraction.

Kata tunggal menggantikan frase atau klausa.

  • Transformation.

Kalimat bisa berubah kedalam bentuk negative, pertanyaan, mood, tenses, suara, dll.

  • Integration.

Dua ungkapan menjadi satu.

  • Rejoinder.

Siswa akan membuat jawaban yang tepat terhadap ungkapan yang diberikan

Namun secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu Repetition drill dan Subtitution drill.


Kelebihan Dan Kekurangan ALM ( Audio Lingual Method)

Kelebihan:

  • Para peserta didik dapat berbicara bahasa target komunikatif.
  • Pelajar telah tidak ada kesulitan untuk memahami pelajaran seperti itu dilakukan dalam bahasa ibu.
  • Pelajar mampu memberikan respon yang benar secara langsung.
  • Para peserta didik lebih kekhawatiran tentang kombinasi antara perilaku psikologi dan linguistik.

Kekurangan:

  • Membosankan bagi siswa yang sudah pintar, karena cara metode ALM dominan mengulangi kalimat.
  • Grammar skill tidak terlatih.
  • Kadang siswa bingung karena guru menjelaskan secara sederhana bukan secara detail.

Contoh Pengaplikasian ALM ( Audio Lingual Method)

  1. Repetition Drill

Teacher = I wake up in the morning

Student 1 = I wake up the morning

Teacher  = I watching TV  in the evening

Student 2 = Iwatching TV in the evening

Teacher = I sleep in the night

Student 3 = I sleep  in the night

 

2. Subtitution Drill

Teacher = Jolly is prety

Teacher = Smart

Student 1 = Jolly is smart

Teacher = In the kitchen

Student 2 = Jolly in in the kitchen

Teacher = Jolly and her mother

Student 3 = Jolly and her mother in the kitchen

 

Demikian itulah tadi penjelasan mengenai ALM ( Audio Lingual Method) metode mengajar bahasa asing yang efektif dapat meningkatkan kemampuan berbahasa murid/ siswa. Semoga bermanfaat.

-Tetap semagat-


The post Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method) first appeared on IBI ( IlmuBahasaInggris.Com ).

Itulah pembahasan tentang Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method) yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs cepatpahambahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Post a Comment for "√Metode Mengajar Bahasa Inggris : Pembahasan Lengkap Tentang ALM ( Audio Lingual Method) ~ CPBI"