Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√Penjelasan, Rumus, Fungsi Dan Contoh Kalimat “Past Progressive Tense” ~ CPBI

Penjelasan, Rumus, Fungsi Dan Contoh Kalimat “Past Progressive Tense” - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Cepat Paham Bahasa Inggris (CPBI) akan coba mengupas mengenai "Penjelasan, Rumus, Fungsi Dan Contoh Kalimat “Past Progressive Tense”" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Cepat Paham Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap Penjelasan, Rumus, Fungsi Dan Contoh Kalimat “Past Progressive Tense”

Penjelasan, Rumus, Fungsi Dan Contoh Kalimat “Past Progressive Tense”
past-progressive


1. Penjelasan “Past Progressive Tense”

Past progressive tense atau yang lebih sering dikenal dengan nama past continuous tense adalah indicates continuing action, something that was happening, going on, at some point in the past. Maksudnya Past progressive tense atau past continuous tense menunjukkan kegiatan yang berkelanjutan, sesuatu yang sedang terjadi dimasa lampau, sedang terjadi, atau hal-hal yang terjadi  diwaktu tertentu dimasa lalu, atau kegiatan tersebut telah dimulai tapi belum selesai pada saat itu.

 2. Rumus “Past Progressive Tense”

Keterangan waktu ini dibentuk dengan kata bantu kata kerja to be dalam bentuk lampau yaitu was dan were, ditambah dengan present progressive atau continuous yang diikuti dengan -ing di akhir kata. Berikut ini adalah rumus-rumusnya Dalam beberapa jenis kalimat.

  1. Kalimat positif : S + be (was/were) + present continuous (v-ing)

Contoh :

Dessy was traveling (Dessy sedang berlibur)

The workers were queuing (Para pekerja sedang mengantri)

  1. Kalimat negatif : S + be (was/were) + not + present continuous (v-ing)

Contoh :

Dessy was not traveling (Dessy tidak sedang berlibur)

The workers were not queuing (Para pekerja tidak sedang mengantri)

  1. Kalimat tanya : be (was/were) + S + present continuous (v-ing)?

Contoh :

Was Dessy traveling (Apakah Dessy sedang berlibur?)

Were the workers queuing? (Apakah para pekerja sedang mengantri?)


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :


3. Fungsi “Past Progressive Tense”

Beberapa fungsi past progressive tense atau past continuous tense antara lain :

  1. Past progressive tense atau past continuous tense digunakan untuk mengindikasikan suatu kegiatan yang terjadi saat waktu tertentu di masa lampau.

Contoh : I was shopping at this time yesterday. (Saya sedang belanja pada jam ini kemarin).

They were roasting corn at this time last night. (Mereka sedang membakar jagung pada jam ini kemarin malam).

  1. Past progressive tense atau past continuous tense digunakan untuk menunjukkan bahwa ada kegiatan berdurasi pendek (simple past tense) yang terjadi ketika suatu kegiatan berdurasi panjang (past continuous tense) sedang berlangsung. Subordinate conjunction “when” atau “while” dapat digunakan.

Contoh : She was sleeping when you called her. (Dia sedang tidur ketika kamu meneleponnya).

The door was knocked while I was studying. (Pintu diketuk ketika saya sedang belajar).

  1. Past progressive tense atau past continuous tense digunakan untuk mengolok-olok atau mengkritik kegiatan yang terjadi pada interval acak namun sebenarnya merupakan kebiasaan alami.

Contoh :  The girl was always yelling out loud. (Anak itu selalu menjerit keras-keras).

My neighbor was always chasing stray cats off with his broom. (Tetangga saya selalu mengusir kucing-kucing liar dengan sapunya).

 


Law without education is a dead letter. With education the needed law follows without effort and of course with power to execute itself indeed, it seems to execute itself – Rutherford B. Hayes

The post Penjelasan, Rumus, Fungsi Dan Contoh Kalimat “Past Progressive Tense” first appeared on IBI ( IlmuBahasaInggris.Com ).

Itulah pembahasan tentang Penjelasan, Rumus, Fungsi Dan Contoh Kalimat “Past Progressive Tense” yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs cepatpahambahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Post a Comment for "√Penjelasan, Rumus, Fungsi Dan Contoh Kalimat “Past Progressive Tense” ~ CPBI"