Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√Penjelasan, Macam – Macam Dan Contoh Komponen Bahasa Dalam Bahasa Inggris ~ CPBI

Penjelasan, Macam – Macam Dan Contoh Komponen Bahasa Dalam Bahasa Inggris - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Cepat Paham Bahasa Inggris (CPBI) akan coba mengupas mengenai "Penjelasan, Macam – Macam Dan Contoh Komponen Bahasa Dalam Bahasa Inggris" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Cepat Paham Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap Penjelasan, Macam – Macam Dan Contoh Komponen Bahasa Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan, Macam – Macam Dan Contoh Komponen Bahasa Dalam Bahasa Inggris

components of language

A. Penjelasan Tentang Komponen Bahasa

Komponen bahasa yaitu unsur bahasa atau bagian dari keseluruhan bahasa. Setiap bahasa mempunyai banyak kata-kata. Dan setiap kata-kata tersebut dapat mengacu apa saja yang dikehendaki. Seperti biasanya mengacu ke objek-objek, orang, kreativitas, kejadian dan bahkan ide-ide yang abstrak. Penggunaan bahasa untuk berkomunikasi informasi tentang sesuatu tempat dan waktu yang lainnya. Ataupun menggunakan bahasa sebagai alat penjelas ke orang lain atau lainnya tentang sesuatu yang terjadi di sekitar kita.


 B. Macam Macam Dan Contoh Komponen Bahasa

1. Fonologi, yaitu (The sound system of language) aturan yang mengatur distribusi dan sikuen fonem di dalam suatu bahasa. Sedangkan fonem adalah unit terkecil dari bunyi dalam suatu bahasa yang dapat dikombinasikan dengan aturan tertentu untuk membentuk unit bahasa yang dikenal dengan kata. Setiap bahasa memiliki suara atau bunyi dan kombinasi bunyi yang spesifik yang merupakan karakteristik dari bahasa tersebut.

Fonologi dibagi kedalam dua macam, yaitu :

  • Fonetik : Ilmu bahasa yang membahas bunyi-bunyi ujaran yang dipakai dalam tutur dan bagaimana bunyi tersebut dihasilkan oleh alat ucap manusia.
  • Fonemik : Ilmu bahasa yang membahas bunyi-bunyi bahasa yang berfungsi sebagai pembeda makna.

2. Morfologi yaitu (The way word structures change) Ilmu yang mempelajari bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik.

Contoh : big-ger menjadi big

3. Semantik adalah aturan yang mengatur hubungan antar bahasa dengan benda, kejadian dan hubungan antar kata, serta kombinasi kata-kata tersebut. Atau bisa diartikan sebagai ilmu makna.

Contoh :  Referen word yaitu table. Table merupakan kata ganti dari household furniture (alat-alat rumah tangga).

4. Pragmatik adalah ilmu yang mempelajari antara konteks dan makna. Ilmu ini mempelajari bagaimana penyampaian makna tidak hanya bergantung pada pengetahuan linguistik (tata bahasa,leksikon, dll) dari pembicara dan pendengar, tapi juga dari konteks penuturan, pengetahuan tentang status para pihak yang terlibat dalam pembicaraan, maksud tersirat dari pembicara (variasi bahasa).

Contoh : Watch out! Slippery floor!

5. Grammar yaitu (set of structural rules that govern the composition of clauses, phrases, and words in any given natural language). Aturan struktural yang mengatur komposisi klausa, frase, dan kata-kata dalam setiap bahasa alami yang diberikan. Istilah ini mengacu juga pada studi tentang aturan tersebut, dan bidang ini mencakup morfologi, sintaksis, dan fonologi, sering dilengkapi dengan fonetik, semantik, dan pragmatik.

Ahli bahasa biasanya tidak menggunakan istilah untuk merujuk kepada aturan ortografis, meskipun penggunaan buku dan panduan gaya yang menyebut diri tata bahasa juga dapat merujuk pada ejaan dan tanda baca.

Macam-macam grammar dan contohnya :

  1. Letter merupakan huruf atau alfabet seperti A, B, C, D, E, F, G dan-lain-lain
  2. Word adalah kumpulan dari letter atau alphabet yang membentuk atau memiliki arti. Contoh : sleep, go, eat dan lain-lain
  3. Phrase merupakan kumpulan dari words, dan sudah memiliki arti, namun belum sempurna karena belum memiliki Subjek.
    Phrase dalam bahasa inggris terbagi menjadi 4 bagian yaitu Verb phrase, Adverb Phrase, Noun phrase, dan Adjective Phrase
  4. Sentence: merupakan susunan dari words, yang memiliki arti dan sudah sempurna karena memiliki subjek.
    contoh : I go to school (saya pergi ke sekolah)

 

Demikianlah Penjelasan, Macam – Macam Dan Contoh Komponen Bahasa Dalam Bahasa Inggris semoga dapat membantu Sahabat IBI (IlmuBahasaInggris.com).

Simak Juga :

The post Penjelasan, Macam – Macam Dan Contoh Komponen Bahasa Dalam Bahasa Inggris first appeared on IBI ( IlmuBahasaInggris.Com ).

Itulah pembahasan tentang Penjelasan, Macam – Macam Dan Contoh Komponen Bahasa Dalam Bahasa Inggris yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs cepatpahambahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Post a Comment for "√Penjelasan, Macam – Macam Dan Contoh Komponen Bahasa Dalam Bahasa Inggris ~ CPBI"