Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√Penjelasan, Penggunaan Dan Contoh Finite Dan Non-Finite Verb ~ CPBI

Penjelasan, Penggunaan Dan Contoh Finite Dan Non-Finite Verb - Sedang mempelajari tentang Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Cepat Paham Bahasa Inggris (CPBI) akan coba mengupas mengenai "Penjelasan, Penggunaan Dan Contoh Finite Dan Non-Finite Verb" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Cepat Paham Bahasa Inggris. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap Penjelasan, Penggunaan Dan Contoh Finite Dan Non-Finite Verb

Penjelasan, Penggunaan Dan Contoh-Contoh Finite Dan Non-Finite Verb Dalam Bahasa Inggris

finite non fnite

Sebelum kita bahasa mengenai penjelasan, penggunaan dan contoh-contoh finite dan non-finite verb, admin hanya sedikit mengingatkan tentang pengertian verb. Verb atau kata kerja yaitu komponen yang paling penting dari kalimat apapun. Dan kata kerja berfungsi menjelaskan tindakan atau keadaan dari subjek.

Berikut ini adalah penjelasan, penggunaan dan contoh-contoh finite dan non-finite verb dalam bahasa inggris.

Let’s check my lovely friends

 


Penjelasan, penggunaan dan contoh-contoh finite dan non-finite verb dalam bahasa inggris

  1. Finite Verbs

Finite verb atau dalam bahsa Indonesia berarti kata kerja yang terbatas adalah kata kerja yang memiliki hubungan yang pasti dengan subjek atau kata benda. Kata kerja ini biasanya kata kerja utama dari klausa atau kalimat dan dapat berubah sesuai dengan kata benda. Finite verb hanya dapat digunakan pada keterangan waktu masa sekarang (present tense) dan masa lalu (past tense). Kata kerja ini dapat berbentuk aktif (active) maupun pasif (passive) dan dapat digunakan pada bentuk kata kerja tunggal (singular) atau jamak (plural).

Contoh :

She walks home. – dalam contoh kalimat ini dapat kita lihat bahwa finite verb nya adalah walks, yang berarti berjalan dan kata ganti nya adalah she atau dia (perempuan).

She walked home. – sedangkan pada contoh kalimat yang kedua ini dapat kita simpulkan bahwa bagaimana kata kerja diubah kedalam bentuk keterangan waktu yang berbeda yaitu keterangan waktu masa lampau atau past tense.

 


  1. Non-Finite Verbs

Non-finite verb atau kata kerja ini tidak bisa menjadi kata kerja utama dari klausa atau kalimat karena mereka tidak berbicara tentang tindakan yang sedang dilakukan oleh subjek atau kata benda. Kata erja-kata kerja ini  tidak menunjukkan adanya keterangan waktu atau tenses, suasana hati atau mood ataupun jenis kelamin atau gender.

Non-finite verb digunakan sebagai kata benda, kata keterangan dan kata sifat. Kata kerja-kata kerja ini juga digunakan untuk membentuk klausa non-finite dari dependent clause yang menggunakan kata kerja  tidak terbatas atau non-finite verb.

Contoh :

He loves camping in the woods. – non-finite verb dalam contoh kalimat ini adalah camping dan berfungsi sebagai kata benda. Kata kerja ini adalah non-finite verb yang disebut dengan gerund.

I need to go to sleep. – sedangkan dalam contoh kalimat ini, non-finite verb atau kata kerja tidak terbatasnya adalah to sleep, kata kerja ini pun berfungsi sebagai kata benda atau noun. Non-finite verb yang menggunakan to sebelum kata kerja disebut dengan infinitives.

The sleeping dog caused a delay. – nonfinite verb dalam contoh kalimat yang terakhir ini adalah –ing atau terkadang ada kalimat yang berisikan –ed. Kata kerja ini berperan sebagai suffixes atau akhiran. Kata kerja seperti ini disebut dengan participle.


Demikian pembahasan materi pada kesempatan kali ini mengenai penjelasan, penggunaan dan contoh-contoh finite dan non-finite verbs dalam bahasa inggris.

Semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca dan sahabat ibi (ilmubahasainggris.com) dimanapun berada.

Thank you…


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

The post Penjelasan, Penggunaan Dan Contoh Finite Dan Non-Finite Verb first appeared on IBI ( IlmuBahasaInggris.Com ).

Itulah pembahasan tentang Penjelasan, Penggunaan Dan Contoh Finite Dan Non-Finite Verb yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs cepatpahambahasainggris. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Post a Comment for "√Penjelasan, Penggunaan Dan Contoh Finite Dan Non-Finite Verb ~ CPBI"